Untitled Document

Hasil Survei WTW : Revolusi Industri 4.0 Lahirkan Profesi Baru EKONOMI & BISNIS

Hasil Survei WTW : Revolusi Industri  4.0 Lahirkan Profesi Baru


Suaraterkini.com - Kemajuan teknologi telah merubah berbagai aspek kehidupan terutama industri yang kini memasuki revolusi industri 4.0, Kondisi ini diprediksi akan mengubah proses dan keahlian yang dibutuhkan di pekerjaan masa depan , Demikian hasil survei yang dilakukan oleh Willis Towers Watson (WTW), sebuah perusahaan global yang bergerak di bidang konsultansi, pialang asuransi dan solusi terkemuka.

Menurut hasil The Global Future of Work Survey 2018 yang diterbitkan oleh Willis Tower Watson, perusahaan di Indonesia memperkirakan automasi akan meningkat menjadi sekitar 21% dari seluruh jenis pekerjaan.

“Kita semua mengetahui bahwa penerapan teknologi baru di tempat kerja akan terus berlanjut di masa depan. Namun, berdasarkan survei kami, kenyataannya tidak semua organisasi siap menghadapi tantangan yang semakin meningkat, seperti mengidentifikasi jenjang karier baru,” kata Direktur Talent & Rewards, Willis Towers Watson Indonesia Henry Hanafiah di Jakarta (8/5).

Henry menambahkan penting untuk dicatat soal meningkatnya mesin dan robot di tempat kerja ini tidak akan menggantikan fungsi manusia. Pekerjaan-pekerjaan baru yang mulai bermunculan, seperti Robot Trainers, Data Scientist, Machine Learning Engineers, dan Data, Talent & AI Integrators, akan menunjukkan bagaimana manusia dan teknologi saling berdampingan dalam menyelesaikan pekerjaan.

Survei Willis Towers Watson juga mengungkapkan bahwa di seluruh industri, sebanyak 54% atau lebih dari setengah perusahaan sudah merencanakan langkah-langkah untuk mengatasinya.
 



Berita Terkait