Untitled Document

Lebaran 2019 : Jawa Barat dan Lampung Wilayah dengan Trafik Data XL Tertinggi EKONOMI & BISNIS

Lebaran 2019 : Jawa Barat dan Lampung Wilayah dengan Trafik Data XL Tertinggi
Ket Foto : Dokumentasi PR


Suaraterkini.com - Persiapan terhadap jaringan yang dilakukan PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) pada periode Lebaran 2019 berhasil dengan performa yang baik. Selain hampir tidak ada problem jaringan yang berarti, trafik layanan data juga meningkat hingga 24% dibandingkan hari biasa. 

Dalam kutipannya, Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D. Yosetya mengatakan,” dibandingkan trafik tertinggi pada Lebaran tahun lalu, trafik data saat ini meningkat 57%. 

Selain data, trafik layanan SMS juga meningkat sebesar 3% dibandingkan hari biasa, sedangkan layanan percakapan/voice cenderung mengalami penurunan karena perubahan perilaku pengguna yang banyak beralih ke layanan data,” paparnya.

Dia menjelaskan, Propinsi Jawa Barat dan Lampung menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi selama periode lebaran dengan peningkatan sebesar 43% dan 38% hari biasa.

Menurutnya, untuk memastikan semua layanan berjalan dengan baik, XL Axiata sebelumnya telah melakukan berbagai langkah antisipasi dengan meningkatkan kapasitas baik di jaringan core, transmisi, juga kapasitas radio di jalur mudik. 

Pada jaringan core, peningkatan kapasitas secara menyeluruh telah dilakukan yaitu terutama pada radio akses (RAN) di sekitar 1.700 BTS, sekitar 250 jalur/hop transport, serta Sistem Utama Core (GGSN) paket data. 

Selain itu juga dilakukan penambahan upstream menjadi 1.5x melalui 2 exchange (Singapura dan Australia),” ucapnya.

Selain itu, XL Axiata juga telah menyiapkan sekitar 50 MBTS dan sekitar 10.000 BTS baru di jalur mudik, tujuan mudik dan tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran. 

Selanjutnya, juga dilakukan optimisasi dan rebalancing jaringan yang dilakukan secara digital di titik kumpul atau hotspot Lebaran, seperti antara lain tempat keberangkatan atau kedatangan pemudik dan tempat tujuan wisata.


amin.suaraterkini@gmail.com 



Berita Terkait