Untitled Document

JobStreet Hadir di Surabaya Berbagi Rahasia Rekrutmen di Era Digital EKONOMI & BISNIS

JobStreet Hadir di Surabaya Berbagi Rahasia Rekrutmen di Era Digital


Suaraterkini.com - Portal informasi lowongan kerja terbesar di Indonesia, JobStreet.com, belum lama ini hadir di Surabaya pada Buka Puasa Bersama JobStreet.com di Crown Prince Hotel Surabaya. 

Faridah Lim, Country Manager JobStreet.com Indonesia, berbagi tren rekrutmen dan “Rahasia Merekrut Karyawan Terbaik di Era Digital” yang semakin dipenuhi oleh tenaga kerja millennial dengan kemampuan menggunakan teknologi yang tinggi.

Menurut Faridah, di era digital saat ini, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan kandidat berkualitas.  Perkembangan teknologi membuat tuntutan akan pekerjaan dan kualitas karyawan semakin tinggi, namun masih banyak pula perusahaan yang enggan go digital dalam mencari karyawan pilihan, ungkapnya. 

Akibatnya, pencari kerja berkualitas merasa belum mendapatkan semua informasi lowongan kerja dan kehilangan kesempatan. Di sisi lain, perusahaan yang belum menggunakan media online pun tidak mendapatkan karyawan yang tepat karena kurangnya promosi akan lowongan, terutama melalui media online yang paling banyak digunakan oleh pencari kerja dalam mencari pekerjaan.

Hal yang masih sering tidak disadari perusahaan tersebut adalah banyaknya pencari kerja yang sudah beralih ke media online karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan. 

Dibanding media konvensional, media online memberikan info lowongan yang lebih relevan, di mana pencari kerja dapat melakukan filter lowongan berdasarkan posisi, jenis pekerjaan, tempat, hingga gaji. 

Tidak ada lagi CV dan dokumen pendukung yang menumpuk karena melamar hanya melalui klik yang sekaligus menghemat biaya pencari kerja. 

Mereka pun dengan mudah mencari informasi dan ulasan tentang bagaimana rasanya bekerja di perusahaan yang ingin mereka lamar karena media digital dan internet memberikan banyak keterbukaan informasi. 

Ada pula fitur yang memudahkan jadwal wawancara dan reminder melalui email dan SMS yang semakin memudahkan baik pencari kerja sendiri maupun perekrut.

Melihat perubahan tren dan behavior para pencari kerja tersebut, menurut Faridah, hal yang perlu mulai dilakukan perusahaan adalah melakukan employer branding baik melalui media online maupun offline, serta mempromosikan Employer Value Proposition atau keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan para pencari kerja jika bergabung dengan perusahaan. 

Karakter pekerja millennial yang semakin pemilih dan mementingkan hal-hal selain gaji, seperti budaya dan suasana kerja, jadwal kerja yang fleksible, pengembangan karier & penghargaan, membuat persaingan antar-perusahaan semakin ketat. 

Apalagi dengan keterbukaan informasi di mana pencari kerja berkualitas dengan mudah menemukan ulasan dari karyawan yang bekerja di suatu perusahaan, sebelum memutuskan untuk melamar dan menerima tawaran kerja. Perusahaan perlu terus meningkatkan reputasinya untuk memikat pencari kerja berkualitas yang semakin menjadi rebutan di pasar lapangan kerja saat ini.

Hadirnya JobStreet.com dengan lebih dari 8,4 juta pencari kerja yang bergabung dan selaku online recruitment platform terbesar di Asia, JobStreet.com tidak henti-hentinya melakukan inovasi dan pengembangan produk untuk menjawab tantangan para HRD perusahaan dengan membantu menyediakan kandidat berkualitas. 

Salah satu inovasi JobStreet.com yang sudah melayani lebih dari 90 ribu perusahaan di Indonesia sejak kehadirannya di tahun 2006, adalah dengan menghadirkan satu platform yang mengintegrasi semua layanan dan solusi rekrutmen untuk perusahaan yang disebut SiVA Recruitment Centre. 

 

amin.suaraterkini@gmail.com



Berita Terkait