Untitled Document

Rumah Zakat Fasilitasi Peternak dengan Kandang Berkapasitas Seribu Ekor Ayam EKONOMI & BISNIS

Rumah Zakat Fasilitasi Peternak dengan Kandang Berkapasitas Seribu Ekor Ayam


Suaraterkini.com - Untuk meningkatkan usaha ternaknya, Jono, salah satu peternak binaan Rumah Zakat membuat kandang dengan kapasitas 1.000 ekor ayam. Jono merupakan salah satu anggota Peternak Berdaya di Desa Cipondok Tasikmalaya yang mendapatkan bantuan ternak petelur dari Rumah Zakat. 

Di Desa Cipondok ini belum banyak yang mengelola ayam petelur, mayoritas warga di sini memelihara ayam pedaging. Karena belum banyak yang memelihara ayam petelur, jadi telur hasil ternak ini sangat diminati oleh warga,” ungkap Jono. 

Jono menambahkan, meskipun usaha ternak tersebut masih bersifat sampingan, namun usaha ayam petelur yang sedang ia jalankan sangat potensial. Hal tersebut dikarenakan lahan untuk perluasan kapasistas produksi sudah tersedia, kemampuan untuk membuat pakan hingga pengetahuan tentang pengolahan kotoran ayam pun sudah dimilikinya. 

Selain mendapatkan modal, para peternak di Desa Cipondok juga mendapatkan pembinaan dari Fasilitator Rumah Zakat. Menurut Nia Kurnia, Fasilitator Rumah Zakat, awal pendirian Program Peternak Berdaya mengalami hambatan, salah satunya virus yang bisa mematikan hewan ternak. 

Awalnya tentu ada berbagai hambatan yang kami alami, namun seiring berjalannya waktu kami menemukan formula untuk mengatasi virus tersebut. Kami memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan utama untuk mematikan virus,” kata Nia. 


amin.suaraterkini@gmail.com



Berita Terkait