Untitled Document

Teknologi LiFi di Indonesia Dicoba di Sebuah Pusat Pendidikan. EKONOMI & BISNIS

Teknologi LiFi di Indonesia Dicoba di Sebuah Pusat Pendidikan.


Suaraterkini.com - Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, mengumumkan bahwa perusahaan bekerja dengan lebih dari 30 pelanggan di Eropa, Amerika Utara dan Asia untuk menguji coba sistem Light Fidelity (LiFi) komersial milik perusahaan. 

Proyek-proyek percontohan awal kami mencerminkan potensi luar biasa besar dari teknologi ini,” kata Michel Germe, Head of LiFi di Signify. 

Kami telah menerima ratusan permintaan informasi dari para pelanggan potensial di seluruh penjuru dunia, beberapa di antaranya telah melahirkan aplikasi yang terinspirasi oleh mereka dan diciptakan bersama-sama mereka, seperti komunikasi antar-robot di berbagai fasilitas manufaktur. 

Sebagaimana lebih dari 30 proyek percontohan ini, kami juga telah memasang LiFi di 26 gedung kami di seluruh dunia,” ungkapnya dalam rilis, Jum’at (8/3/19).

LED luminer yang mengaktifkan LiFi dari Signify menggabungkan lampu hemat energi berkualitas unggul dengan komunikasi nirkabel berkecepatan tinggi yang aman dan stabil menggunakan gelombang cahaya.

Pelanggan yang mencoba teknologi terobosan ini berada di seluruh dunia. Di Bangalore, India, penyedia ruang kantor terkelola Incubex, telah membuat ruang pertemuan dilengkapi LiFi untuk memungkinkan banyak usaha rintisan (start-ups) dan perusahaan yang dilayaninya untuk mengeksplorasi teknologi ini.

Sejak awal berdiri, kami selalu aktif bereksperimen dan mempromosikan teknologi-teknologi baru. Kami memberikan kesempatan kepada lebih dari 450 anggota kami di pusat Manya Tech Park, dan lebih dari 3.500 anggota di 10 pusat kami yang lain, untuk menjadi yang pertama merasakan langsung teknologi baru yang siap digunakan di berbagai tempat ini. 

Sejauh ini, kami mendapat tanggapan yang luar biasa dan menerima banyak permintaan informasi dari anggota kami,” kata Alap Uttamchandani, Pendiri Incubex.

Atea, perusahaan infrastruktur teknologi informasi (TI) terkemuka di wilayah Nordik dan Baltik, sedang menguji coba LiFi di kantornya di Stavanger, Norwegia. Perusahaan ini telah memasang luminer LiFi di lobi gedungnya sehingga dapat mendemonstrasikan teknologi tersebut dan mengajak pengunjung menjajaki teknologi komunikasi nirkabel yang baru.

Perusahaan telekomunikasi Orange menjadi satu lagi pelanggan yang turut dalam proyek percontohan teknologi ini di kantornya di dekat Paris, Perancis, di mana LiFi sedang diuji coba.

Di Singapura, Republic Polytechnic akan memasang LiFi di Smart Devices Lab miliknya. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan kesempatan belajar dan memperluas eksposur para mahasiswa terhadap teknologi pencahayaan pintar yang baru. Politeknik ini menjadi institusi pendidikan tinggi pertama di Asia Tenggara yang mengadopsi LiFi.

Di Indonesia, Signify telah bermitra dengan IQ Education untuk menciptakan lingkungan belajar berteknologi tinggi bagi anak-anak usia 6 – 12 tahun. IQ bertujuan untuk menjadi tempat "ketiga" antara sekolah dan rumah - mengajari siswa Coding, Matematika, dan Bahasa Inggris sambil menyediakan area ruang yang nyaman di mana anak-anak bisa menyelesaikan pekerjaan rumah sebelum orang tua mereka pulang kerja. 

Selain ruang belajar IQ yang memiliki sudut khusus dengan koneksi Li-Fi, ruang kelas IQ juga menggunakan Philips Hue, pencahayaan pintar untuk menciptakan suasana sempurna, dari Signify.


amin.suaraterkini@gmail.com
 



Berita Terkait