Untitled Document

Sinar Mas Land dan Citramas Group Bekerjasama Kembangkan Area Ekonomi Digital di Nongsa EKONOMI & BISNIS

Sinar Mas Land dan Citramas Group Bekerjasama Kembangkan Area Ekonomi Digital di Nongsa


Suaraterkini.com - Sinar Mas Land, melalui PT AFP Dwilestari, dan Citramas Group, melalui PT Taman Resor Internet, akan mengembangkan wilayah seluas 8 hektar di kawasan Nongsa dengan total investasi senilai Rp 350 miliar untuk jangka waktu satu dekade ke depan. 

Area ini akan dikembangkan sebagai ‘Jembatan Digital’ yang menghubungkan Indonesia dan Singapura juga sebagai kawasan ekonomi digital untuk menarik perusahaan-perusahaan digital dan teknologi domestik maupun internasional. 

Penandatanganan joint-venture ini dilangsungkan pada Jumat, 22 Februari 2019 di Singapura. Pembangunan bersama ini akan dimulai pada kuartal ke-3 di tahun 2019.

Dalam rilis, Selasa (26/2/19), Michael Widjaja, Group CEO Sinar Mas Land mengatakan, “Kami melihat pengembangan ekonomi digital sangat penting bagi Indonesia menuju era industri 4.0. Oleh karena itu, Sinar Mas Land memprioritaskan pengembangan yang sejalan dengan kemajuan teknologi.  

Setelah sukses mengembangkan kota digital pintar di BSD City, kami akan menerapkan konsep ini di Nongsa untuk membangun kota digital yang mendukung ekonomi digital Indonesia serta memberikan kehidupan yang baik bagi masyarakat Batam,” paparnya.

Sementara itu, Mike Wiluan, CEO Citramas Group mengungkapkan, “Sinar Mas Land dan Citramas telah berdampingan sejak tahun 1985 dan mempunyai kepentingan yang sama untuk memajukan Batam. Hari ini, saya senang bahwa perusahaan kami akan memulai visi yang saling terkait untuk berkolaborasi dalam pengembangan Nongsa Digital Park dengan memanfaatkan pertumbuhan ekonomi digital global yang berkembang pesat. 

Infrastruktur dan ekosistem yang disediakan oleh Nongsa Digital Park akan menjadi platform untuk talenta, inovasi, dan kreativitas – yang memungkinkan para start up dan tokoh-tokoh mapan dalam industri digital untuk mengakses soft skill, akselerasi finansial dan pasar konsumen yang berkembang yang ditawarkan oleh Singapura dan Indonesia. 

Nongsa Digital Park akan menjadi jembatan antara dua pasar ini – menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia melalui lokasi strategis Batam. Kerja sama kami bersifat ambisius dan jangka panjang: menggabungkan serangkaian infrastruktur inti dan pendukung mulai dari pendidikan hingga kebutuhan gaya hidup dalam ekosistem terencana yang seimbang. Saya senang dengan rencana pengembangan pada momentum yang tepat ini dan mengharapkan suatu progress pengembangan yang berkelanjutan.” 

Dengan bersatunya dua perusahaan besar ini diharapkan akan menghasilkan sinergi yang positif bagi kemajuan Batam dan khususnya area Nongsa, terutama di bidang ekonomi digital. Area ini akan menjadi lokasi strategis untuk mengembangkan bisnis digital, industri kreatif dan juga perusahaan global venture, yang nantinya akan menyerap ribuan tenaga kerja siap pakai dengan standard global yang dapat mendukung industri 4.0.
 

Amin Engkos
amin.suaraterkini@gmail.com



Berita Terkait

Finmas Berikan Solusi keuangan Secara Digital  

24 Feb 2019, 16:30

Finmas (PT. Oriente Mas Sejahtera),secara resmi meluncurkan aplikasi mobile yang menyediakan akses kekredit yang mudah, terjangkau dan aman bagi jutaan konsumen dan UMKM kurang terlayani di seluruh ...