Untitled Document

Selatan Tasikmalaya Kini Menjadi Desa Peternak Domba EKONOMI & BISNIS

Selatan Tasikmalaya Kini Menjadi Desa Peternak Domba


Suaraterkini.com - Kini Tasikmalaya selatan kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat mulai menjadi desa peternak domba yang berasal dari daerah Garut Jawa barat, mulai dari peternak domba pedaging/potong sampai domba kontes/petarung. Kurang lebih ada 1000 peternak domba yg berasal dari kabupaten Tasikmalaya dan Tasikmalaya selatan propinsi Jawa barat.

Cara beternak domba yg bagus hanya modal kemauan/keinginan dan tenaga,  keturunan domba dari jantan sangat prioritas dari pada faktor betinanya tutur H.yoyo wahyu S.H ketua himpunan peternak domba kambing Indonesia (HPDKI)di  kecamatan cikatomas, kabupaten Tasikmalaya.

“Modal uang tidak terlalu besar hanya membeli domba betina dan membuat kandang domba yang bahan kayunya banyak, dan Perawatan domba sendiri sangat mudah pakan utama jenis rumput-rumputan sangat melimpah di daerah kabupaten Tasikmalaya, makanan tambahan seperti ampas tahu/tempe yang bisa di beli di pabrik pembuatan tahu/tempe serta tambahan  uut dan layer makanan ayam yang harganya terjangkau, ampas tahu/tempe yang di campurkan dengan uut dan layer ayam menghasilkan gizi yg cukup untuk domba”, jelasnya.

Berkembangnya domba di daerah Selatan Tasikmalaya, telah meningkatkan perekonomian masyarakat, karena kualitas domba asal tasikmalaya ini tidak kalah dengan daerah lain dengan harga yang kompetitif, tambah Yoyo

Hal senada dikatakan pemilik pabrik tahu dan juga peternak domba petarung/kontes H.dedi, menurutnya Domba-domba petarung/kontes di Tasikmalaya selatan kualitasnya sudah hampir seperti di daerah Garut dan Bandung  jawa barat tempat asal domba petarung/kontes. 

 

Amin Engkos
amin.suaraterkini@gmail.com



Berita Terkait