Untitled Document

Rumah Zakat Berdayakan Warga Karangkajen Melalui Ecoprint EKONOMI & BISNIS

Rumah Zakat Berdayakan Warga Karangkajen Melalui Ecoprint


Suaraterkini.com - Untuk memberdayakan warga, Rumah Zakat membentuk Kampung Edukasi Ecoprint di Karangkajen, Yogyakarta. Ecoprint Jogja atau yang disingkat Eco.J adalah nama program pemberdayaan masyarakat di Desa Berdaya Brontokusuman, Kota Yogyakarta.

Menurut Indra Suryanto selaku Fasilitator Desa Berdaya Brontokusuman, program tersebut bermula dari keinginannya untuk memberdayakan warga, terutama para ibu rumah tangga. Selain itu juga bertujuan agar waktu yang dimiliki warga lebih produktif dan menghasilkan karya yang bernilai jual.

“Dengan adanya kegiatan ecoprint ini saya bisa membantu keuangan keluarga. Alhamdulillah hasilnya juga bisa dipakai untuk membiayai sekolah anak-anak saya,” ungkap Cinderarini salah satu anggota Ecoprint atau Eco.J.

Sama halnya dengan Risdayanti, awalnya ia tidak menyangka akan mempunyai penghasilan dari aktivitasnya membuat ecoprint. Saat ini, ia juga sudah terbiasa dengan menjadi pemateri workshop pembuatan ecoprint. 

“Saya sendiri kagum dengan hasil ecoprint ini, bahkan saya tidak menyangka bisa berpenghasilan dari sana. Semoga ke depannya Eco.J bisa lebih maju dan karya-karya kita bisa ditampilkan diberbagai acara pameran kerajinan,”ugkap Risdayanti.



Berita Terkait